Gelar Pakta Integritas, Bawaslu Jambi Awasi Penerapan Protokol Kesehatan

Bawaslu Jambi Gelar Pakta Integritas
Bawaslu Jambi Gelar Pakta Integritas

Terkini.id, Kota Jambi – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar kegiatan penandatanganan pakta integritas kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan, pencegahan, dan pengendalian Covid-19 dengan masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi tahun 2020, yang berlangsung di Swiss Bell Hotel Kota Jambi. Jumat, 25 September 2020.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Jambi, Danrem 042 GAPU, Kajati Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Kabinda Jambi, Kepala BPBD Provinsi Jambi yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19, Ketua dan Anggota KPU Provinsi Jambi, Ormas, OKP, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Tim Koalisi Parpol Pengusung, Tim Kampanye/Pemenangan, Tim Advokasi, dan Tim Penghubung Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, serta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi R mengatakan, acara penandatangan pakta integritas adalah bentuk upaya pencegahan dan penegakkan hukum penerapan protokol Kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020, khususnya di Provinsi Jambi.

“Inilah upaya yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Jambi, untuk mencegah penyebaran dan pengendalian Covid-19 serta penegakkan hukum protokol Kesehatan, dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020, sebagaimana sudah diamanahkan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) denganKomisi II DPR RI,” ujarnya di hadapan para pasangan calon.

Dijelaskannya, salah satu point dalam RDP tersebut, agar penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada 2020, dengan mengamanahkan Bawaslu untuk menjalankan fungsi pencegahan, pengawasan dan penindakan Pemilihan dan protokol kesehatan.

“Jadi Bawaslu tidak hanya mengawasi tahapan pemilihan, tetapi juga diamanahkan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan dalam pemilihan kepala daerah 9 Desember mendatang. Dan untuk menjalankan tugas tersebut, Bawaslu akan membentuk kelompok kerja Bersama pihak terkait dan berwenang dalam penanganan Covid-19,” jelasnya.

Asnawi juga menghimbau kepada seluruh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta seluruh tim kampanye, untuk menerapkan setiap protokol kesehatan dalam sisa tahapan Pilkada.

“Ini tugas semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan, agar tidak menimbulkan klaster Pilkada,” imbaunya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Al Haris Kayuh Becak Menuju Posko Koalisi, Tukang Becak : Beliau Bergaul Dengan Siapa Saja

Pemilihan Ketua LPMK Kenali Besar Diharapkan Berjalan Demokratis

Al Haris Blusukan ke Pasar Gang Siku, Pedagang Yakin Beliau Sosok yang Amanah

Patriot Nasional Jambi ikut Barisan Pemenangan Haris-Sani

Mengenal Hesti Haris: Tak Sungkan Pinjam Bedak Orang Terdekat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar